A. PENGENALAN CORELDRAW
CorelDRAW merupakan program aplikasi desain grafis intuitif dan
menyediakan banyak fasilitas yang menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam
membuat sebuah obyek desain grafis.
B. MEMULAI CORELDRAW
Untuk memulai CoreDRAW klik CorelDRAW 14 pada desktop.
1) Start New digunakan untuk membuat sebuah obyek gambar yang baru.
2) Open Recent digunakan untuk membuka file obyek gambar yang pernah
disunting terakhir kali.
C.
JENDELA CORELDRAW
·
Menu Bar, bagian yang berisi beberapa pilihan
menu untuk menjalankan suatu perintah.
·
Tool Box, bagian yang berisi beberapa tombol
perintah untuk membuat dan memodifikasi obyek gambar.
·
Tool Bar, bagian yang berisi beberapa tombol
perintah untuk menjalankan suatu perintah.
·
Property Bar, bagian yang berisi
perintah-perintah yang berhubungan dengan tombol perintah atau obyek yang
aktif.
·
Drawing Page, area yang digunakan untuk mengolah
obyek gambar. Bagian ini juga merupakan area pencetakan gambar.
·
Color Palette, bagian yang berisi daftar pilihan
warna yang dapat kita gunakan untuk memberi warna pada obyek gambar.
D.
MENGGAMBAR DESAIN OBYEK GRAFIS
1.
Menggambar Obyek Kotak
·
Klik Rectangle Tool pada bagian Tool Box.
·
Klik dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing
Page, kemudian geser hingga membentuk obyek gambar persegi panjang dan lepaskan
Mouse. Atau o Klik 3 Point Rectangle Tool pada bagian Tool Box
·
Klik dan tahan Mouse pada bagian Drawing Page,
kemudian geser untuk membentuk obyek dasar gambar persegi panjang, dan lepaskan
Mouse.
·
Lanjutkan dengan menentukan tinggi persegi
panjang yaitu dengan mengklik Mouse pada posisi yang berbeda.
2.
Menggambar Bujur Sangkar
·
Klik Rectangle Tool pada bagian Tool Box.
·
Tekan tombol Ctrl, klik dan tahan Mouse pada
bagian Drawing Page, kemudian geser hingga membentuk obyek gambar bujur
sangkar, lepaskan Mouse.
3.
Menggambar Obyek Lingkaran
·
Klik Ellipse Tool pada bagian Tool Box.
·
Klik dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing
Page kemudian geser hingga membentuk obyek gambar Elips dan lepaskan Mouse.
Atau
·
Klik 3 Point Ellipse Tool pada bagian Tool Box.
·
Klik dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing
Page, kemudian geser untuk membentuk obyek dasar gambar elips dan lepaskan
Mouse.
·
Lanjutkan dengan menentukan tinggi elips yaitu
dengan meng-klik Mouse pada posisi yang berbeda.
4.
Menggambar Lingkaran
·
Klik Ellipse Tool pada bagian Tool Box.
·
Tekan tombol Ctrl, klik dan tahan Mouse pada
bagian Drawing Page, kemudian geser hingga membentuk obyek gambar lingkaran,
lepaskan Mouse.
5.
Menggambar Obyek Garis Dan Kurva
•
Menggambar Garis dan Poligon
ü
Klik Freehand Tool pada bagian Tool Box.
ü
Klik Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian
klik untuk mengakhiri pembentukan obyek gambar garis lurus.
Kita dapat membuat garis lurus dengan kemiringan kelipatan dari 15O,
yaitu :
ü
Klik Freehand Tool pada bagian Tool Box.
ü
Klik Mouse pada bagian Drawing Page, kemudian
tekan tombol Ctrl dan arahkan Pointer ke segala arah untuk menentukan sudut
kemiringan garis. Klik disembarang posisi yang kita kehendaki.
Untuk membuat Poligon caranya adalah sebagai berikut :
ü
Klik Freehand Tool pada bagian Tool Box.
ü
Klik Mouse untuk mengawali pembentukan segmen
pertama, kemudian klik ganda (2 kali klik) untuk membentuk segmen kedua,
ketiga, keempat dan seterusnya.
ü
Klik disembarang posisi yang anda kehendaki
untuk mengakhiri pembentukan obyek garis lurus.
•
Menggambar Kurva
ü
Klik Freehand Tool pada bagian Tool Box.
ü
Klik dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing
Page, kemudian geser Mouse untuk membentuk obyek gambar kurva dan lepaskan
Mouse
•
Menggambar Bezier
Bezier merupakan sebuah garis atau kurva dalam bentuk segmen-segmen yang
dihubungkan oleh titik-titik.
ü
Klik Bezier Tool pada bagian Tool Box.
ü
Klik Mouse untuk mengawali pembentukan garis,
klik ganda untuk mengakhiri pembentukan garis.
ü
Untuk membuat garis dengan segmen yang banyak ,
klik Mouse untuk mengawali pembentukan segmen pertama, klik lagi untuk membentuk
segmen kedua, ketiga dan seterusnya. Klik ganda untuk mengakhiri pembentukan
garis segmen.
ü
Untuk membentuk kurva caranya adalah :
Ä
Klik Bezier Tool pada bagian Tool Box.
Ä
Klik dan tahan tombol Mouse untuk membentuk
titik pertama, geser titik kendali ke arah lain untuk membentuk lengkung kurva
dan lepaskan Mouse.
Ä
Arahkan Pointer pada posisi lain untuk membentuk
titik kedua kemudian klik dan tahan tombol Mouse lagi, geser titik kendali ke
arah lain untuk membentuk lengkung kurva dan klik ganda untuk mengakhiri
pembentukan Kurva.
•
Menggambar Media Artistik
Artistic Media Tool digunakan untuk membentuk bermacam-macam variasi
coretan kuas. Ada 5 pilihan pola coretan kuas, yaitu Preset, Brush, Sprayer,
Calligraphic, dan Pressure. Untuk mengatur pola coretan digunakan :
-
Freehand Smoothing, digunakan untuk mengatur
faktor kelembutan tepi obyek coretan yang kita buat dengan nilai konsentrasi 0
– 100.
-
Artistic Media Tool Width, digunakan untuk
mengatur faktor ketebalan obyek coretan yang kita buat dengan nilai konsentrasi
0,03” – 10”. Berikut contoh cara menggambarnya :
ü
Klik Artistic Media Tool pada bagian Tool Box.
ü
Klik tombol Preset pada bagian Property Bar.
ü
Pilih pola coretan kuas dari kotak Stroke List.
ü
Atur konsentrasi faktor kelembutan sisi obyek coretan
kuas pada kotak Freehand Smoothing di Property Bar sesuai kebutuhan.
ü
Buat sembarang bentuk obyek coretan kuas pada
bagian Drawing Page.
ü
Atur konsentrasi faktor ketebalan obyek coretan
kuas pada kotak Artistic Media Tool Width di Property Bar sesuai kebutuhan.
•
Menggambar Pen
Pen Tool mirip dengan Bezier Tool, yaitu untuk membentuk obyek garis atau
kurva dalam bentuk segmen-segmen yang dihubungkan oleh titik-titik.
•
Menggambar Polyline
Polyline Tool mirip dengan Freehand Tool, yaitu untuk membentuk obyek
garis dalam bentuk segmen-segmen yang dihubungkan oleh titik-titik.
•
Menggambar Kurva 3 Titik
ü
Klik 3 Point Curve Tool pada bagian Tool Box.
ü
Klik dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing
Page, kemudian geser untuk membentuk obyek dasar gambar kurva dan lepaskan
Mouse.
ü
Lanjutkan dengan menentukan tinggi kurva, yaitu
dengan meng-klik Mouse pada posisi yang berbeda.
6.
Menggambar Obyek Poligon
•
Menggambar Poligon
ü
Klik Polygon Tool pada bagian Tool Box.
ü
Klik dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing
Page, kemudian geser untuk membentuk obyek dasar poligon.
•
Menggambar Graph Paper
ü
Klik Polygon Tool pada bagian Tool Box.
ü
Tentukan jumlah kolom dan baris pada bagian
Graph Paper Columns and Rows pada bagian Property Box.
ü
Klik dan tahan tombol Mouse pada bagian Drawing
Page, kemudian geser untuk membentuk obyek gambar kertas grafik.
•
Menggambar Spiral
Ada beberapa fungsi untuk mengatur tatanan spiral, yaitu :
Ä
Spiral Revolution, untuk menentukan jumlah
spiral dengan nilai 1-100.
Ä
Symmetrical Spiral, untuk membentuk obyek spiral
yang simetris.
Ä
Logarithmic Spiral, untuk membentuk obyek spiral
yang logaritmik.
Ä
Spiral Expantion Faktor, untuk mengatur jarak
mengembang pada spiral yang berpola logaritmik.
Cara menggambarnya :
ü
Klik Spiral Tool pada bagian Tool Box.
ü
Ketik nilai perputaran spiral pada kotak Spiral
Revolutions pada bagian Property Box.
ü
Klik salah satu tombol pembentuk spiral,
Symmetrical Spiral atau Logarithmic Spiral. Jika memilih Logarithmic Spiral,
tentukan pula jarak mengembang pada bagian Spiral Expantion Faktor.
ü
Geser secara diagonal pada bagian Drawing Page
sampai terbentuk spiral dengan ukuran yang dikehendaki.
7.
Menggambar Obyek Lain
Ada 5 kategori bentuk untuk menggambar obyek yang tidak terdefinisikan :
1)
Basic Shapes, untuk menggambar berbagai macam
variasi bentuk seperti segitiga, jajaran genjang, trapesium dan sebagainya.
2)
Arrows Shapes, untuk menggambar berbagai macam
variasi bentuk anak panah.
3)
Flowchart Shapes, untuk menggambar berbagai
macam variasi bentuk diagram alur.
4)
Star Shapes, untuk menggambar berbagai macam
variasi bentuk bintang.
5)
Callout Shapes, untuk menggambar berbagai macam
variasi bentuk teks keterangan gambar yang tidak terdefinisikan.
E.
BEKERJA DENGAN OBYEK GRAFIS
1.
Menyalin dan Menggandakan Obyek
•
Metode Copy 1) Pilih obyek. 2) Gunakan salah
satu perintah berikut untuk menyalin obyek. ¾ Pilih perintah menu Edit,
kemudian Copy. ¾ Klik tombol Copy pada bagian Tool Bar standar. ¾ Tekan tombol
Ctrl+C. ¾ Klik kanan pada bagian obyek dan pilih perintah Copy. 3) Gunakan
salah satu perintah berikut untuk menempatkan (menempelkan) obyek hasil salinan
pada bagian Drawing Page. ¾ Pilih perintah menu Edit, kemudian Paste. ¾ Klik
tombol Paste pada bagian Tool Bar standar. ¾ Tekan tombol Ctrl+V. ¾ Klik kanan
pada bagian obyek dan pilih perintah Paste. 4) Obyek hasil salinan akan
diletakkan dengan posisi menumpuk atau menumpuk obyek sumber. Pindahkan dengan
cara meng-klik, tahan dan geser obyek salinan ke posisi lain.
•
Metode Duplicate, yaitu menggandakan obyek dan menempatkannya
langsung pada Drawing Page. 1) Pilih obyek. 2) Gunakan salah satu perintah
berikut untuk menyalin obyek. ¾ Pilih perintah menu Edit, kemudian Duplicate. ¾
Tekan tombol Ctrl+D. 3) Hasil penggandaan akan diletakkan dengan posisi
berdampingan dengan obyek sumber. 4) Untuk mendapatkan obyek penggandaan yang
lebih dari 1, lakukan langkah ke-2 berulang-ulang.
2.
Menghapus Obyek
1) Pilih obyek.
2) Gunakan salah satu perintah berikut untuk menghapusnya.
·
Pilih perintah menu Edit, kemudian Delete.
·
Tekan tombol Delete pada Keyboard.
·
Klik kanan pada bagian obyek dan pilih perintah
Delete.
3.
Mengatur Posisi Obyek
1)
Memindahkan Obyek, untuk memindahkan dalam
halaman yang sama caranya adalah dengan meng-klik, tahan, dan menggesernya.
Untuk memindahkan ke halaman lain caranya adalah :
·
Geser obyek di atas Tab halaman tujuan.
·
Geser obyek ke Drawing Page di dalam halaman
tujuan.
2)
Mendorong Obyek, adalah memindahkan obyek secara
berlahan-lahan dengan menggunakan anak panah pada Keyboard.
4.
Memutar
Obyek
1)
Pilih obyek.
2)
Pilih perintah menu Window, Dockers,
Transformation, dan Rotate.
3)
Kosongkan kotak cek Relative Center dalam
jendela Transformation untuk memutar obyek secara bebas. Aktifkan kotak cek
Relative Center jika ingin memutar obyek disekitar titik-titik yang berhubungan
dengan posisi obyek.
4)
Ketik nilai perputaran dalam kotak Angle.
5)
Tentukan titik rotasi obyek, atau ketik nilai
rotasi dalam kotak H dan V untuk menentukan posisi horizontal dan vertikal.
6)
Klik tombol Apply untuk menjalankan perintah. Mencerminkan
Obyek Mencerminkan obyek berarti memutar obyek dari kiri ke kanan atau dari
atas ke bawah. Caranya sama dengan memutar obyek, tetapi yang aktif adalah
tombol Scale and Mirror.
Latihan: membuat Bingkai!
No comments:
Post a Comment