Tuesday, May 19, 2020

MENGENAL MICROSOFT EXCELL



1.      MENGENAL PIRANTI LUNAK PENGOLAHAN ANGKA   

1.1.PENDAHULUAN
      Perangkat aplikasi pengolahan angka adalah software (perangkat lunak) khusus untuk menangani permasalahan yang berkaitan dengan angka. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistic, pembuatan lembar kerja, pengolahan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

1.2.JENIS APLIKASI SPREADSHEET
     Macam-macam perangkat lunak pengolahan angka Antara lain: Kspread, Star Office Calc, Open Office Calc, GNOME – Gnumeric, Xess, Lotus 123, Microsoft Excel. Adapun yang sekarang banyak digunakan masyarakat adalah Microsoft Excel.
a.       Kspread
Kspread merupakan aplikasi pengolahan angka yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas.
b.      Star Office Calc
Star Office Calc merupakan aplikasi pengolahan angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Star Office Calc adalah aplikasi pengolahan angka yang bersifa multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai system operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.
c.       Open Office Calc
Open office Calc adalah aplikasi pengolahan angka yang bersifat open source (dapat dibuka melalui system operasi apa saja).
d.      GNOME Office – Gnumeric
GNumeric adalah aplikasi pengolahan angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. GNumeric bersifat Open Source. GNumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela GNumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.
e.       Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolahan angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof Arlindo Oliveira.
f.       Xess
Xess adalh aplikasi pengolahan angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – www.ais.com) dan dapat dijalankan di computer dengan system UNIX, LINUX, OPEN VMS dan WINDOWS.
g.      Lotus 123
Lotus 123 merupakan aplikasi pengolahan data yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainnya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.
h.      Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolahan angka yang dikeluarkan oelh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft Excel memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya. Excel 2013 merupakan pengembangan dari Microsoft Excel versi sebelumnya dengan tujuan agar program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) ini lebih mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan semua fasilitas yang ada pada system jaringan baik internet maupun intranet.

2.     LEMBAR KERJA DAN FORMAT DATA

Program Microsoft Excel termasuk ke dalam kelompok program Spreadsheet (pengolahan angka). Lembar kerja (workbook) Microsoft Excel terdiri dari beberapa sheet, yang tiap sheetnya terdiri dari beberapa kolom (A s/d XFD) dan baris (1 s/d 1.048.576) (tepatnya 1.048.576 baris dan 16384 kolom tiap sheet) dan jumlah sheet tiap lembar kerja (workbook) tergantung setup yang ditentukan oleh tiap user dengan perintah:
Excel Options – Popular – Include this many sheet (maksimal sheet yang dapat dibuat dalam satu workbook adalah 255)

1.1.MENGENAL LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL

a.       Gridlines (Garis Bantu)
Dalam setiap lembar kerja terdapat garis horizontal dan garis vertical yang disebut dengan garis bantu (Gridlines). Garis ini tidak dicetak ke kertas tetapi hanya garis bantu untuk memudahkan kita dalam mengentri data. Untuk membuat garis yang akan dicetak ke kertas kita perlu memberika perintah tersendiri (akan dibahas kemudian). Garis bantu ini dapat disembunyikan atau ditampilkan default-nya adalah ditampilkan, untuk menyembunyikan dan menampilkan gridlines dapat diberikan perintah; View Tab – Gridlines.

b.      Kolom dan Baris
Seperti disebutkan di atas bahwa lembar kerja Microsoft Excel terdiri dari kolam dan baris, dimana tiap kolom dan baris ini mempunyai ukuran yang sama (standar), perintah yang berhubungan dengan baris dan kolom;
·         Merubah Ukuran (size)
Cara pertama: letakkan mouse pada pemisah kolom yang akan diubah sizenya, sehingga bentuk mouse berubah menjadi gambar panah ke kiri dan ke kanan dengan garis vertikal (seperti gambar di bawah)
Drag (mengklik sambil menahan mouse) mouseke kiri (untuk memperkecil ukuran) atau ke kanan (untuk memperbesar ukuran) untuk kolom. Sedangkan untuk memperbesar dan memperkecil baris, tinggal meletakkan mouse pada pemisah yang akan diubah sizenya (sehingga mouse berubah gambar menjadi gambar panah ke kiri dan ke kanan dengan garis horisontal), lalu drag mouse ke bawah (memperbesar ukuran) atau ke atas (memperkecil ukuran). Kemudian lepas mouse jika ukuran telah sesuai dengan yang kita inginkan.

Cara Kedua: klik menggunakan mouse pada kolom/baris yang akan diubah ukurannya – pilih Home >  pilih Format pada Ribbon Cells > pilih Column Widith atau Row Height – tuliskan ukuran lebar kolom/baris (maksimal angka untuk kolom – 255 dan maksimal angka untuk baris =409) – akhiri dengan menekan tombol enter atau klik OK.

·         Menyisipkan baris/kolom
Cara pertama:  klik kanan mouse pada baris/kolom yang akan disisipkan – pilih menu insert.
Cara kedua: blok data yang akan disisipi – klik menggunakan mouse kanan pada data yang diblok – pilih insert – pilih pergeseran data yang akan diblok (ke kiri/ke kanan – ke atas/ke bawah).

·         Menghapus baris dan kolom
Langkah-langkah penyelesaian sama dengan menyisipi yaitu klik baris/kolom yang akan dihapus – pilih pilihan Delete.

a.       Cell dan Range
·  Cell adalah perpotongan dari kolom dan baris, contoh Cell A2 (merupakan perpotongan Antara kolom A dan Baris ke-2).
· Range adalah kumpulan dari Cell, contoh Range A2..B4 (merupakan kumpulan cell A2, A3, A4, B2, B3, B4). Untuk membuat range blok beberapa cell yang akan dijadikan range.
·   Untuk menuju ke cell tertentu dapat dilakukan dengan mengklik cell tersebut atau tulis alamat cell yang akan di tuju di kotak Name Box yang terletak di atas kolom A, kemudian tekan enter.

Cara penulisan di kotak name box
A1                 menuju ke cell A1
A5..C10        menuju ke range A5 sampai C10


No comments:

Post a Comment